Mari Bebaskan Rakyat Indonesia Dari Ancaman Buta Aksara

Mari Bebaskan Rakyat Indonesia Dari Ancaman Buta Aksara

Selasa, 13 April 2010

Strategi Belajar Sukses

Strategi Belajar Sukses
Kita mengenal tiga strategi belajar, yaitu belajar efisien, efektif, dan belajar bijak. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing strategi belajar.
1. Belajar Efisien
Survei yang dilakukan terhadap orang-orang yang sudah mencapai posisi puncak membuktikan bahwa mereka memiliki kebiasaan "belajar". Pertanyaan selanjutnya: Bagaimana mereka dapat
Memiliki waktu belajar di tengah kesibukan mereka? Ternyata, mereka dapat belajar kapan saja, di mana saja, dan dari siapa saja. Selain dari membaca buku, majalah, dan surat kabar di rumah, mereka juga dapat memanfaatkan waktu menunggu, waktu makan siang, waktu di jalan (berkendaraan, maupun dalam penerbangan dan perjalanan dengan kereta api) untuk menambah ilmu.Selain membaca, mereka juga memanfaatkan waktu mereka untuk melakukan observasi lapangan. Cara lain yang mereka terapkan adalah mendengarkan informasi berbentuk "audio" (kaset, CD) dalam perjalanan atau dalam melakukan pekerjaan lain. Mereka juga menyerap informasi penting dan menarik dari diskusi dengan sesame profesional, atasan, bawahan, pelanggan, guru, pelatih, dan juga dari pesaing. Mereka juga sering menyempatkan diri untuk menghadiri seminar, workshop, ataupun pelatihan singkat, ataupun menyempatkan waktu untuk meningkatkan diri melalui sarana elektronik (misalnya: anggota beberapa mailing list, memanfaatkan fasilitas e-learning).
2. Belajar Efektif
Seperti juga kepribadian, setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda. Ada yang lebih mudah belajar melalui audio. Ada yang lebih dapat menyerap informasi yang berupa tampilan secara visual. Ada juga yang lebih mudah menyerap informasi melalui gerakan. Selain gaya belajar yang dihubungkan dengan indera, gaya belajar juga bisa dihubungkan dengan waktu. Orang lebih mudah belajar di pagi atau siang hari, sebaliknya ada orang lebih mudah belajar di malam hari. Kenalilah gaya belajar kita.Setelah itu, kita bisa menyusun strategi belajar yang disesuaikan dengan gaya belajar kita. Misalnya, jika kita lebih mudah belajar di malam hari dan cenderung lebih mudah menyerap informasi dalam bentuk visual, strategi belajar kita adalah belajar hal-hal yang serius di malam hari dengan memvisualisasikan informasi yang kita terima.
3. Belajar Bijak
pengalaman adalah guru yang terbaik. Jadi, kita dapat memetik pengalaman dari kesuksesan yang kita raih dan dari kesalahan serta kegagalan yang kita alami. Namun, waktu untuk belajar daripengalaman sangat terbatas sehingga kita perlu belajar dengan cerdas dan bijak.
Hal yang dapat kita lakukan adalah selain belajar dari pengalaman kita sendiri, kita uga dapat belajar dari pengalaman orang lain. Misalnya,dengan membaca biografi orang sukses atau membaca hasil survei di bidang-bidang yang kita minati. Akan tetapi, cara yang lebih mudah adalah "bertanya" kepada orang-orang yang kita anggap lebih berpengalaman dari kita dalam bidang-bidang yang kurang kita kuasai. Dengan belajar dari orang lain, kita dapat melipatgandakan pengetahuan kita.
Di dunia yang bergerak cepat, banyak perubahan terjadi. Untuk mengendalikan perubahan ini, kita perlu belajar. Tanpa belajar, kita tidak dapat mengejar perubahan tersebut. Dengan belajar pun,jika tidak dilakukan dengan kecepatan yang sesuai dengan kecepatan perubahan tersebut, belum tentu kita dapat bertahan. Jadi, belajar sudah merupakan suatu keharusan. Akan tetapi, yang lebih diperlukan adalah belajar untuk sukses, yaitu belajar dengan menerapkan strategi belajar efesien, efektif, dan bijak.
Sumber: www.sinarharapan.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar